top
logo

Saling Berbagi

Hubungi Kami

Search

Facebook Image

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini64
mod_vvisit_counterKemarin94
mod_vvisit_counterMinggu ini344
mod_vvisit_counterBulan ini1607
mod_vvisit_counterTotal401662

Online (20 minutes ago): 1
Your IP: 54.81.112.7
Sekarang: 2018-06-21 20:42

Notice
  • Guest user account is not properly configured. Please set 'Username of Guest' option to the Username of registered user. guest_username="h123"

    --
    yvComment solution, version="1.22.0"
Sistem Kendali Konveyor Print E-mail

PERANCANGAN SISTEM KENDALI KONVEYOR PADA MESIN SORTASI JERUK MANIS (Citrus sinesis L.) BERBASIS CITRA MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER AT89C51
 
Jeruk merupakan komoditas terpenting ketiga setelah pisang dan mangga bila dilihat dari luas penanaman dan jumlah produksi pertahun. Buah-buahan khususnya jeruk memiliki bentuk yang tidak seragam sehingga perlu pemisahan (sortasi). Proses sortasi yang ada masih menggunakan sistem manual sehingga produktivitas rendah. Untuk mengatasi keterbatasan sistem sortasi secara manual, diperlukan suatu alat bantu untuk dapat menyortir komoditas buah secara tepat, dimana alat penyortir ini akan berjalan secara otomatis sehingga dapat meningkatkan produktivitas dalam proses produksi. Sistem pengontrolan mesin sortasi ini menggunakan mikrokontroler AT89C51 dan seperangkat CPU sebagai pengendali utama.

Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yaitu perencanaan dan perancangan serta pengujian secara fungsional. Tahap pertama dan kedua sekaligus dilaksanakan di bengkel Technical Supporting Service Unit (TSSU) Universitas Brawijaya.

Hasil dari penelitian ini berupa sistem pengontrolan konveyor pada mesin sortasi jeruk manis menggunakan mikrokontroler AT89C51 yang sudah di sambungkan secara serial dengan unit komputer sebagai pengendali utama. Hasil pengujian menyatakan bahwa sistem pengendali posisi yang dirancang telah berjalan sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Sliprata-rata pada konveyor sebesar 6.87 % sebagai akibat penggunaan transmisi sabuk-V. Ketepatan posisi buah yang berhenti pada unit pencitra sangat dipengaruhi oleh penempatan posisi sensor cahaya, jumlah putaran yang dihasilkan motor penggerak, dan penempatan posisi kamera pencitra. Kapasitas mampu rata-rata konveyor menurut waktu analisa pencitraan dan putaran motor masing-masing sebesar 213 buah/jam dan 442 buah/jam dari kapasitas ideal sebesar 495 buah/jam. Sedangkan rata-rata efisiensi kapasitas penyortiran adalah sebesar 43.072 % dan 89.408 %.

 

Add your comment

Your name:
Your email:
Comment:
Joomla SEO powered by JoomSEF

Polling

Dari mana anda mengetahui website kami?
 

Google Translate

Ads by google


bottom
top

Ads by google


bottom