top
logo

Search

Facebook Image

Visitors Counter

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini62
mod_vvisit_counterKemarin153
mod_vvisit_counterMinggu ini215
mod_vvisit_counterBulan ini1381
mod_vvisit_counterTotal423304

Online (20 minutes ago): 5
Your IP: 54.167.15.6
Sekarang: 2018-12-10 11:23

Sistem Pemilah Buah Pada Mesin Sortasi Jeruk Print E-mail

Perancangan Sistem Pemilah Buah Pada Mesin Sortasi Jeruk Berbasis Pengolahan Citra Menggunakan Mikrokontroler AT89C51

Jeruk merupakan salah satu tanaman yang mempunyai prospek baik di pasaran. Mutu buah lokal khususnya jeruk masih kurang bila dibandingkan dengan buah impor. Dimana sortasi masih dilakukan secara manual dan standar mutu yang digunakan oleh para petani pun tidak sama karena para petani mempunyai pendapat yang berbeda dalam menentukan mutu buah jeruk. Untuk mengatasi keterbatasan sistem sortasi secara manual maka diperlukan suatu alat bantu yang dapat digunakan untuk membantu petani melakukan proses sortasi. 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat sistem yang dapat digunakan untuk memilah buah jeruk manis varietas Pacitan berdasarkan diameter serta merancang program dengan menggunakan mikrokontroler AT89C51 sebagai alat pemroses yang dapat digunakan untuk membuka dan menutup pintu berdasarkan diameter jeruk manis varietas Pacitan.

Penelitian dilakukan di bengkel Technical Supporting Service Unit (TSSU) Universitas Brawijaya Malang. Penelitian dilakukan mulai bulan September 2005 sampai dengan Maret 2006. Peralatan yang digunakan adalah 3 buah motor dc, power supply, 3 buah relay, 1 buah IC mikrokontroler AT89C51, 1 buah IC RS 232. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah jeruk manis varietas Pacitan. Sebelum dilakukan proses pencitraan terlebih dahulu jeruk dicuci sampai bersih setelah itu dikeringkan dan diambil citranya secara bergantian. 

Pada proses pengambilan citra yang dilakukan pada ketinggian 21 cm didapatkan persamaan y = 0,9183x + 1,1417 dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,8883. Pada bagian pemilah ini digunakan mikrokontroler yang dapat menerima data sortasi dari PC. Data hasil pencitraan dikirim ke komputer kemudian komputer mengirim data tersebut ke mikrokontroler. Data yang diterima oleh mikrokontroler digunakan untuk menggerakkan pintu grade. Bagian pemilah buah menerima data matang dari hasil pencitraan dimana data tersebut terdiri dari 4 grade yaitu grade ”a”, ”b”, ”c” dan ”no grade”. Data yang diterima digunakan untuk membuka pintu grade sesuai dengan input yang diterima dari komputer. Proses membuka dan menutup pintu grade menggunakan motor dc yang dikendalikan oleh mikrokontroler. 

Hasil pengujian yang dilakukan secara acak dengan menggunakan sampel sebanyak 30 buah, menunjukkan bahwa pintu grade dapat bekerja sesuai dengan data yang diberikan oleh bagian pencitraan yaitu pada saat dilakukan pengujian keberhasilan pendorong pada masing-masing pintu grade didapatkan persentase 100% dan kapasitas unit pemilah sebesar 292 buah/jam. 
 

 

Add your comment

Your name:
Your email:
Comment:
Joomla SEO powered by JoomSEF

Polling

Dari mana anda mengetahui website kami?
 

Google Translate

Ads by google


bottom
top

Ads by google


bottom